Bijak Dalam Masalah Permodalan

Bijak Dalam Masalah Permodalan

Dika wibowo 2018-07-19 13:58:19
BIJAK DALAM MASALAH PERMODALAN

Hampir setiap mereka yang curhat ke saya tentang "mengawali bisnisnya", tidak luput dari masalah MODAL...
Hampir setiap mereka yang curhat ke saya tentang "bagaimana cara bisnis" tidak luput dari masalah DANA...

Itu wajar..
Bahkan..
Mayoritas kawan bisnis saya (yang menurut saya saat ini sudah sukses) awalnya pun mengawali dengan masalah yang sama, yaitu MODAL..

Jangan jauh jauh..
Saya pun juga mengalaminya!

Tapi..
Saya masih sangat sangat percaya, bahkan akan tetap percaya bahwa setiap masalah pasti ada solusinya, tidak terkecuali masalah modal ini..

Pendeknya, masalah modal ini pernah saya alami sampai sampai saya pernah menggadaikan laptop pacar saya sendiri (alhamdulilah sekarang jadi istri saya)...

Itu baru satu, belum "masalah modal" yang lainnya loh ya hehe

Nah..
Kebanyakan dari kita, biasanya jika bertemu dengan masalah ini, maka akan mengalami hal hal berikut ini;
1/ Bingung
2/ Gegabah sekaligus ceroboh dalam ambil "keputusan"
3/ Susah berfikir "jernih"
4/ Mencari solusi yaitu "Jalan Pintas yang di anggap PANTAS"
Dan lainnya..

Sikap ini yang menurut saya "kurang bijak" dalam menyikapi masalah permodalan. Padahal, modal ini bukan satu satunya masalah dalam bisnis, masih ada masalah lain yang lebih besar tantangannya, masih ada masalah lain yang lebih besar resikonya. So? Kalau bertemu masalah modal harus ngapain?

Yang saya katakan "BIJAK" itu bukan berarti harus selalu diam dan diam saja loh ya. BIJAK yang saya maksud adalah menemukan solusi terbaiknya. Baik gak harus cepat, baik juga gak harus instant, dan baik juga gak harus "BESAR NILAINYA"..

Paham kan?

Jika terbentur masalah modal, pertama tetaplah TENANG dalam hati dan pikiran anda sendiri. Kuasai diri anda sendiri lebih dulu. Keep calm dan tetaplah yakin bahwa masalah ini pasti bisa anda lalui. Cuma gitu doang mas? EITS! Jangan sepelekan hal kecil ini loh ya. Karena masalah modal ini menurut saya langsung menyerang psikologis seorang manusia, terutama dalam dunia bisnis yang baru di bangun, secara tidak ada jaminan sukses. Psikologis ini nantinya juga ngasih dampak langsung ke masalah masalah non-psikologis lainnya. Itulah kenapa, tetap tenang dan yakin dalam menghadapi masalah modal ini sangatlah penting.

Jika anda sudah tenang dan santai sekaligus yakin, bukalah pikiran anda dengan KELUAR RUMAH dan kemudian ajak kawan anda untuk santai nongkrong di warung kopi. Sharing kecil kecilan, entah tentang bisnis, bola, atau hal lainnya yang ringan ringan saja. Ingat, disini tujuannya bukan pinjem uang loh ya, saya bilang adalah untuk sharing. Pinjam uang/hutang adalah pilihan terakhir buanget (kalau bisa jangan sampek ya). Manfaat yang kita cari disini bukan meminjam uang dari kawan kita tapi lebih kepada membuka wawasan berfikir kita tentang dunia luar, termasuk pengetahuan ttg modal, bisnis dan lainnya jika kawan anda kompeten di bidang ini. 100% cara ini pernah saya lakukan, dan it's work bro! Coba deh hehe

Lanjut..
Jika sudah cara pertama dan kedua, cobalah untuk bercerita dengan saudara, istri (buat yg sudah gak jomblo), pacar (buat yang punya), atau partner in crime-nya. Tentu, bercerita disini sudah langsung pada pokok permasalah modal dan langsung mencari solusi bersamanya. Bukan minjem uang (lagi) loh ya. Jika pada poin kedua kita bebas bicara apa aja, poin ketiga ini langsung cerita ke pokok masalah permodalan anda. Memang, orang lain biasanya lebih pintar mengomentari masalah kita, tapi jangan sepelekan hal ini, biasanya solusinya juga ada benernya. Gak ada salahnya jika anda bercerita langsung, kan?
Adhitya Tri Arifianto